Fish

Jumat, 28 Juni 2013

PETUNJUK TEKNIS PENGOPERASIAN APLIKASI PENDATAAN DITJEN PAUDNI








PETUNJUK TEKNIS
PENGOPERASIAN APLIKASI PENDATAAN DITJEN PAUDNI


PETUNJUK PENGOPERASIAN APLIKASI PENDATAAN


A.     Dasar Pengoperasian Aplikasi Pendataan

Langkah awal dalam menjalankan aplikasi pendataan, anda harus mempunyai browser seperti Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google chrome dll. Pada aplikasi ini direkomendasikan menggunakan Mozila Firefox, karena aplikasi ini sudah teruji pada browser tersebut.
Apabila dalam komputer atau laptop belum memiliki Mozilla firefox, maka dapat di download di http://www.mozilla.com/products/download.html?product=firefox-4.0.1&os=win&lang=en-US

1.      Cara memulai menggunakan aplikasi

Untuk menjalankan aplikasi ini, langkah pertama membuka browser Mozilla, kemudian selanjutnya pada text box address (URL) ketik : http://paudni.kemdiknas.go.id/pendataan lalu tekan enter, maka kemudian akan muncul form login seperti yang anda lihat pada gambar dibawah ini.

2.      Form Login

a.       Masukkan Username dan password. User dan password ini akan selalu diminta saat anda mulai menggunakan aplikasi ini. Username ini juga menentukan hak akses anda dalam menggunakan aplikasi. Mintalah username dan password ke administrator apabila anda belum mendapatkannya.
b.      Username dan password awal akan diberikan oleh administrator. Password dapat anda ubah begitu anda login untuk pertama kalinya kedalam aplikasi ini.
c.       Setelah anda mengisi username dan password kemudian klik tombol login.
d.      Jika anda berhasil melakukan login maka aplikasi akan mengarahkan anda pada menu aplikasi. Dengan menampilkan username anda pada posisi kanan atas, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

3.      Lupa Password

Apabila Anda sudah mendapatkan username dan password-nya, akan tetapi Anda lupa password klik link Forgotten your password untuk mendapatkan password kembali (perlu diketahui bahwa Anda harus mempunyai alamat email pada saat mendaftar atau username Anda didaftar) kemudian Anda akan diarahkan ke form lupa password (kirim password) seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah ini.
              Tahapan yang harus dilalui apabila anda lupa password adalah :
a.         Isi Username dan alamat email (alamat email harus sesuai dengan yang sudah didaftarkan).
b.      Kemudian klik kirim password. Dan akan muncul pesan “System sudah mengirim password ke alamat email Anda. silahkan cek email Anda. Klik di sini untuk login ulang.
c.       Password dan username Anda akan di kirim ke alamat email tersebut. Silahkan cek email Anda apakah username dan password sudah dikirim atau belum.
d.      Apabila username dan password anda sudah terkirim silahkan kembali ke form login. Ketikkan kembali alamat url seperti di atas.


B.     Objek-objek Input dan Objek-objek Proses Standar yang digunakan

1.      Textbox

Objek ini digunakan untuk menginputkan data-data

2.      Combo Box/Drop Down

Objek ini menyediakan pilihan-pilihan nilai suatu data .Pilihan nilai data  yang dapat dipilih hanya satu pilihan saja
Contoh :
Pada saat objek tersebut diklik maka akan ditampilkan pilihan nilai data yang telah disediakan :
Anda dapat menggerakkan scroll yang disediakan untuk melihat pilihan data lain yang disediakan di dalam objek tersebut. Klik nilai data yang diinginkan agar nilai data tersebut muncul pada tampilan awal objek ini.

3.      Checkbox

Objek ini digunakan untuk memberi tanda check pada pilihan-pilihan yang tersedia. Pilihan yang tersedia dapat dicentrang sesuai dengan kebutuhan.
            Contoh
           
            Pada saat objek tersebut diklik pada checkbox maka checkbox tersebut akan ada tanda check sesuai dengan pilihan-pilihan yang telah disediakan :

4.      Radio Button

Objek ini digunakan untuk memilih dimana hanya bisa dipilih salah satunya saja oleh user.

5.      Tombol

Objek ini digunakan untuk melakukan proses terhadap data-data yang telah diinputkan/dipilih ke dalam objek-objek input.
Penamaan tombol disesuaikan dengan proses yang akan dilakukan oleh aplikasi.
Contoh :
 Digunakan untuk melakukan proses penyimpanan terhadap data-data yang diinputkan dalam objek input dan selanjutnya mengarahkan tampilan ke halaman list data
 Digunakan untuk melakukan proses penyimpanan terhadap data-data yang diinputkan dalam objek input dan tetap berada pada form isian data untuk dapat melakukan penginputan data yang baru
Digunakan untuk membatalkan penginputan data dan kembali ke halaman list data

6.      Link

Objek ini digunakan untuk mengarahkan user ke halaman/form lain sesuai proses yang akan dilakukan.Penamaan link disesuaikan dengan halaman/form yang akan ditampilkan.



Contoh :
atau
Digunakan untuk mengarahkan ke halaman penginputan data
 atau 
Digunakan untuk mengarahkan ke halaman penambahan data
Digunakan untuk mengarahkan ke halaman perbaikan/perubahan data
Digunakan untuk mengarahkan ke konfirmasi penghapusan data


MENU-MENU YANG ADA PADA APLIKAS PENDATAAN

Menu dalam aplikasi ini diatur berdasarkan group yang ada. Setiap group memiliki hak akses terhadap menu yang berbeda. Untuk group Propinsi menu yang diperbolehkan diakses meliputi Home, Data Master – Input Data Master, Ubah Password dan Logout.

1.      Home

Merupakan form yang pertama kali ditampilkan setelah Anda login. Menu ini difungsikan untuk menampilkan halaman utama pada saat Anda berada pada posisi menu yang lain.

2.      Data Master

Menu data master ini adalah menu yang disediakan untuk melakukan pendataan mengenai  sasaran dan lembaga-lembaga pada direktorat PAUD, direktorat Kursus dan pelatihan, dan direktorat pendidikan masyarakat.
Dalam menu ini terdapat dua sub menu yaitu Data Sasaran dan LEMBAGA.

2.1.   Data Sasaran

2.1.1.      Berdasarkan Kelompok Umur (PAUD)

a.    Untuk mengisi data sasaran direktorat PAUD, Pilih Menu Data Master àData Sasaran à Berdasarkan Kelompok Umur, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

b.    Setelah Berdasarkan Kelompok Umur (PAUD)diklik, maka akan muncul tabel jumlah penduduk sasaran program PAUD berdasarkan kelompok tertentu.  untuk mengisi data sasaran mengklik tombol TAMBAH DATA BARUdan untuk mengetahui data sasaran masing-masing propinsi maka dapat memilih propinsi tersebut pada pilihan yang terdapat pada gambar dibawah ini.


c.    Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik maka isian pada kolom nama propinsi dan nama kabupaten kota dipilih. Untuk kolom <1 Thn, 1 Thn, 2 Thn, 3 Thn, 4 Thn, 5 Thn, dan 6 Thn diisi. dan jenis kelamin diklik begitu juga dengan pelatihan pengelola satuan PAUD. Setelah semua telah terisi maka tombol Simpan dapat diklik. Apabila ingin menyimpan lalu menambah baru dapat mengklik tombol Simpan & Tambah Baru. Tombol Batal digunakan apabila anda ingin membatalkan pengisian, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


2.1.2.           Data Sasaran à Berdasarkan Kategori Tertentu (Kursus)

a.    Untuk mengisi data sasaran direktorat Kursus, Pilih Menu Data Master àData Sasaran à Berdasarkan Kategori Tertentu, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

b.    Setelah Berdasarkan Kategori Tertentudiklik, maka akan muncul tabel jumlah penduduk sasaran program Kursusdan pelatihan berdasarkan kategori tertentu.  untuk mengisi data sasaran mengklik tombol TAMBAH DATA BARUdan untuk mengetahui data sasaran masing-masing propinsi maka dapat memilih propinsi tersebut pada pilihan yang terdapat pada gambar dibawah ini.



c.    Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik maka isian pada kolom nama propinsi dan nama kabupaten kota dipilih. Untuk kolom lulus SMP/MTS tidak melanjutkan, putus SMA/MA, pengangguran dan sasaran kursus diisi. Setelah semua telah terisi maka tombol Simpan dapat diklik. Apabila ingin menyimpan lalu menambah baru dapat mengklik tombol Simpan & Tambah Baru. Tombol Batal digunakan apabila anda ingin membatalkan pengisian, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


2.1.3.           Data Sasaran à Program Keaksaraan Berdasarkan Kelompok Umur (Dikmas)

a.    Untuk mengisi data sasaran direktorat Dikmas, Pilih Menu Data Master àData Sasaran àProgram Keaksaraan Berdasarkan Kelompok Umur, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

b.    Setelah Program Keaksaraan Berdasarkan Kelompok Umurdiklik, maka akan muncul tabel jumlah penduduk sasaran program keaksaraan berdasarkan kelompok tertentu.  untuk mengisi data sasaran mengklik tombol TAMBAH DATA BARUdan untuk mengetahui data sasaran masing-masing propinsi maka dapat memilih propinsi tersebut pada pilihan yang terdapat pada gambar dibawah ini.




c.    Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik maka isian pada kolom nama propinsi dan nama kabupaten kota dipilih. Total sasaran berdasarkan kelompok umur 15-24 Thn, 25-44 Thn, 45-60 Thn, >60 Thn diisi dan Buta Aksara Berdasarkan Kelompok Umur 15-24 Thn, 25-44 Thn, 45-60 Thn, >60 Thn diisi. Setelah semua telah terisi maka tombol Simpan dapat diklik. Apabila ingin menyimpan lalu menambah baru dapat mengklik tombol Simpan & Tambah Baru. Tombol Batal digunakan apabila anda ingin membatalkan pengisian, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



2.2.                 Data Lembaga

2.2.1.           Lembaga PAUD

a.    Pilih Menu Data Master à Lembaga à PAUD, maka akan muncul daftar profile lembaga yang sudah memasukan data profile lembaga user yang bersangkutan, Dapat dilihat gambar dibawah ini.


b.    Klik tombol TAMBAH DATA BARU untuk menambahkan identitas lembaga yang terdapat pada kabupaten masing-masing. Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik maka muncul form seperti dibawah ini :

c.    Adapun penjelasan cara pengisian form diatas adalah sebagai berikut :

1)   No. Pokok Satuan PAUD :diisi dengan nomor yang telah diberikan oleh direktorat PAUD.
2)   Nama Satuan PAUD :diisi dengan nama satuan PAUD tersebut.
3)   Jenis satuan PAUD : diisi/dipilih sesuai jenis satuan PAUD tersebut dan hanya dapat memilih satu jenis saja. Apabila lembaga tersebut memiliki lebih dari satu jenis satuan PAUD maka dapat mengklik tombol TAMBAH DATA BARU dan mengikuti cara yang pertama (pengisian No. Pokok Satuan PAUD dll).
4)   Status Satuan PAUD : diisi/dipilih sesuai dengan status satuan tersebut apakah lembaga tersebut swasta, negeri atau milik masyarakat.
5)   Tanggal/Bulan/Tahun Berdiri : diisi berdasarkan tanggal, bulan dan tahun lembaga tersebut berdiri, cara pengisiannya dengan urutan tahun – bulan – hari.
6)   Alamat Satuan PAUD : Kp/ Jalan: diisi sesuai dengan nama jalan satuan PAUD tersebut.
7)   Alamat Satuan PAUD : Propinsi : diisi/dipilih sesuai dengan nama propinsi satuan PAUD tersebut.
8)   Alamat Satuan PAUD : Kab/Kota : diisi/dipilih sesuai dengan nama kabupaten atau kota satuan PAUD tersebut.
9)   Alamat Satuan PAUD : Kecamatan : diisi/dipilih sesuai dengan nama kecamatan satuan PAUD tersebut.
10)                   Alamat Satuan PAUD : Desa/Kelurahan : diisi/dipilih sesuai dengan nama desa atau kelurahan satuan PAUD tersebut.
11)                   Alamat Satuan PAUD : Telp. : diisi nomor telepon satuan PAUD tersebut.
12)                   Alamat Satuan PAUD : hp : diisi nomor handphone satuan PAUD tersebut.
13)                   Alamat Satuan PAUD : Email : diisi nama email satuan PAUD tersebut.
14)                   LEMBAGA PENYELENGGARA : diisi/dipilih lembaga penyelenggara satuan PAUD tersebut.
15)                   Perijinan Satuan PAUD : diisi/dipilih perijinan satuan PAUD tersebut ada atau tidak ada. Bila ada maka Izin No., Tgl., Dikeluarkan Olehharus diisi sesuai dengan no. perijinan satuan PAUD yang telah diberikan, tanggal diperolehnya no. perijinan tersebut dan dinas manakah yang memberikan perijinan tersebut. Apabila tidak ada perijinan maka kolom Izin No., Tgl., Dikeluarkan Olehtidak perlu diisi.
16)                   Sumber Pendanaan Utama : diisi/dipilih nama sumber pendanaan utama satuan PAUD tersebut.
17)                   Kepemilikan Bangunan : diisi/dipilih kepemilikan bangunan satuan PAUD tersebut. Apabila milik sendirimaka Sertifikat Kepemilikan No. dan Tgl. harus diisi sesuai no. sertifikat kepemilikan yang telah diperoleh dan tanggal diperolehnya  no. sertifikat kepemilikan tersebut. Apabila pinjam pakai/sewa maka kolom Sertifikat Kepemilikan No. dan Tgl. tidak perlu diisi.
18)                   Luas Tanah : diisi luas tanah satuan PAUD tersebut dalam meter persegi.
19)                   Luas Bangunan : diisi luas bangunan satuan PAUD tersebut dalam meter persegi.
20)                   Jumlah Ruang Belajar :  diisi jumlah ruang belajar satuan PAUD tersebut.
21)                   Luas Keseluruhan : diisi luas keseluruhan satuan PAUD tersebut.
22)                   Jenis Fasilitas lainnya : dipilih sesuai dengan fasilitas yang dimiliki satuan PAUD tersebut.
23)                   Jenis Bangunan : diisi/dipilih sesuai dengan jenis bangunan yang dimiliki satuan PAUD tersebut.


d.   Setelah semua diisi maka tekan tombol Simpan untuk menyimpan data identitas satuan PAUD dan anda akan diarahkan ke daftar profile lembaga (dir PAUD)dan Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data dan tetap di form entri data untuk menambahkan data baru.
e.    Tombol simpan diklik dan diarahkan ke daftar profile lembaga maka data indentitas satuan PAUD diklik untuk segera diisi Data Pengelola, Jumlah Tenaga Ahli, Jumlah Peserta Didik, Frekuensi Layanan PAUD dalam satu minggu, Data Pendidik, APE dan Lainnya seperti pada gambar dibawah ini :



f.     Setelah data indentitas satuan PAUD diklik maka akan ada sub menu (Pengelola, Tenaga Ahli, Peserta, Individu Peserta, Frekuensi, Pendidik, APE dan Lainnya) seperti gambar dibawah ini :






g.    Untuk mengisi Data Pengelola maka pada sub menu Pengelola diklik kemudian tombol tambah atau edit diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


h.    Setelah tombol tambah atau edit diklik maka isian pada kolom nama dan pendidikan terakhir diisi dan jenis kelamin diklik begitu juga dengan pelatihan pengelola satuan PAUD. Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik dan data pengelola otomatis tersimpan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


i.      Untuk mengisi Jumlah Tenaga Ahli maka pada sub menu Tenaga Ahli diklik kemudian tombol Tambah atau edit diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


j.      Setelah tombol tambah atau edit diklik maka isian pada kolom ahli gizi, dokter, psikologi dan lain-lain diisi jumlah tenaga ahlinya pada satuan PAUD. Jika tidak memiliki tenaga ahli tidak perlu mengisi pada kolom isian tersebut. Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


k.    Untuk mengisi Jumlah Peserta Didik maka pada sub menu Peserta diklik kemudian tombol Tambah atau edit diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


l.        Setelah tombol tambah atau edit diklik maka isian pada usia 0 – 6 tahun diisi jumlah peserta didiknya menurut jenis kelaminnya. Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
m.    Untuk mengisi Daftar Individu Peserta Didik maka pada sub menu Individu Peserta diklik, untuk mengisi data peserta didik secara manual maka tombol Tambah atau edit diklik, apabila ingin pengisian secara otomatis, maka tombol browse diklik lalu document dalam bentuk xlsx (Microsoft excel 2003 & 2007) di dibuka kemudian tombol upload diklik. Tombol yang akan diklik dapat dilihat pada gambar dibawah ini.




n.      Setelah Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik, kemudian pada kolom nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir diisi, jenis kelamin dipilih dengan cara di klik. Pada kolom nama ibu kandung wajib diisi. Setelah semua telah terisi maka tombol Simpan dapat diklik. Apabila ingin menyimpan lalu menambah baru dapat mengklik tombol Simpan & Tambah Baru. Tombol batal digunakan apabila anda ingin membatalkan pengisian individu perserta didik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


o.      Untuk pengisian secara otomatis, format excelnya terdiri dari No, Nama, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin dan nama ibu kandung. Untuk pengisian tanggal lahir, urutannya dari tahun-bulan-hari. Sebelum menuliskan tanggal lahir harus menuliskan tanda petik tunggal (‘). Dan penulisan jenis kelamin cukup menuliskan huruf L (untuk laki-laki) dan P (untuk perempuan). Dimohon dalam pengisian dalam bentuk excel formatnya tidak boleh dirubah, karena dapat menyebabkan gangguan dalam proses pengiriman data tersebut. Bentuk format penulisannya dapat dilihat pada tabel di bawah ini. 

No
Nama
Tanggal Lahir (YYYY-MM-DD) Tambahkan Tanda Petik ( ' ) diawal
Jenis Kelamin  (L/P)
Nama Ibu Kandung
1
Aji
2011-02-01
L
Ani
2
Anto
2011-02-01
L
Arta
3
Ari
2011-03-01
L
Dina
4
Faturahman
2011-02-01
L
Endang
5
Faisal
2011-02-11
L
Esti
6
Jatmiko
2011-02-01
L
Fika
7
Jiko
2011-02-01
L
Gina
8
Lina
2011-02-01
P
Hanna
9
Lusi
2011-07-01
P
Intan
10
Memet
2011-02-13
L
Kartiyem
11
Medi
2011-02-01
L
Lidya
12
Mono
2011-02-01
L
Lusiana
13
Nina
2011-02-01
P
Ningsih
14
Oldi
2011-02-01
L
Ratih
15
Pandu
2011-02-01
L
Siti
16
Ratna
2011-02-01
P
Tini
17
Susi
2011-02-01
P
Yolanda
p.      Langkah pertama dalam proses pengiriman documen excel ke dalam aplikasi pendataan berbasis web, tombol browsediklik, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


q.      Langkah kedua dalam proses pengiriman document excel ke dalam aplikasi pendataan berbasis web yaitu, memilih file excel yang akan dikirim ke aplikasi kemudian setelah dipilih tombol Open diklik, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.




r.        Langkah ketiga dalam proses pengiriman document excel ke dalam aplikasi pendataan berbasis web yaitu, setelah tombol Open diklik maka tombol Upload diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


s.       Untuk mengisi Frekuensi Layanan PAUD dalam satu minggu maka pada sub menu Frekuensi diklik kemudian tombol Tambah atau edit diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


t.        Setelah tombol tambah atau edit diklik maka checkbox pada pilihan tersebut diklik menurut berapa kali layanan PAUD dalam satu minggu diadakan. Dan layanan PAUD dibedakan berdasarkan kriteria usia dari 0 – 2 tahun, 3 – 4 tahun, 5 – 6 tahun. Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



u.      Untuk mengisi Identitas PTK PAUDNI maka pada sub menu Pendidik diklik, kemudian tombol TAMBAH DATA BARU diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


v.      Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik, kemudian pada kolom nama lengkap disi, jenis kelamin dipilih dengan cara di klik. Pada kolom NIP diklik dulu baru dipilih, apabila memilih ya maka kolom isian diisi NIPnya, begitu pula dengan NUPTK. Pada kolom pendidikan terakhir apabila pilihannya (diploma, S1, S2, S3) maka perlu diisi Jurusannya yang telah diambil. Pada kolom status sertifikasi terdapat pilihan tersertifikasi dan belum tersertifikasi, apabila pilihannya tersertifikasi maka perlu diisi nomor sertifikasi pada kolom isian. Setelah semua telah terisi maka tombol Simpan dapat diklik. Apabila ingin menyimpan lalu menambah baru dapat mengklik tombol Simpan & Tambah Baru. Tombol batal digunakan apabila anda ingin membatalkan pengisian identitas PTK PAUDNI, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


w.     Untuk mengisi Sarana yang dimiliki satuan PAUD maka pada sub menu APE diklik kemudian tombol Tambah atau edit diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini

x.      Setelah tombol tambah atau edit diklik maka checkbox pada pilihan tersebut diklik menurut area/sudut/sentra yang tersedia pada satuan PAUD tersebut. Pada kolom jumlah dan jenis perabotan yang dimiliki diisi jumlahnya dan apabila perabotan tersebut tidak terdapat dalam pilihan tersebut dapat menuliskan nama perabotannya dan menyebutkan perabotan yang dimilikinya, begitu pula pada kolom jumlah dan jenis alat permainan dalam ruangan dan jumlah dan jenis alat permainan luar ruangan. Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini


y.      Untuk mengisi Layanan Kesehatan dan Gizi, Program Parenting dan Bantuan sosial & Bantuan lain maka pada sub menu Lainnya diklik kemudian tombol Tambah atau edit diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini

z.       Setelah tombol tambah atau edit diklik maka pada bagian layanan kesehatan dan gizi diisi/dipilih berapa kali layanan tersebut diadakan. Pada bagian program parenting  terdapat pilihan yaitu sudah atau belumkah satuan PAUD melaksanakan program parenting, apabila sudah maka berapa kali program parenting tersebutdilaksanakan dan bentuk program parenting yang sudah berjalan dapat beri tanda check dengan cara mengklik checkbox pada pilihan tersebut. Pada bagian Bantuan sosial dan Bantuan lain terdapat pilihan dengan cara mengklik checkbox bantuan sarana dan prasarana apa saja yang pernah diperoleh ,Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


2.2.2.      Lembaga Kursus

a.    Pilih Menu Data Master à Lembaga àKursus, maka akan muncul daftar profile lembaga yang sudah memasukan data profile lembaga user yang bersangkutan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


b.    Klik tombol TAMBAH DATA BARU untuk menambahkan identitas lembaga yang terdapat pada kabupaten masing-masing. Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik maka muncul form seperti dibawah ini :
c.         Adapun penjelasan cara pengisian form diatas adalah sebagai berikut :
1)        Nama Lembaga : diisi dengan nama lembaga kursus tersebut
2)        NILEK : diisi dengan nomor yang telah diberikan oleh direktorat Kursus dan Pelatihan
3)        Alamat Lengkap : diisi sesuai dengan nama jalan lembaga tersebut.
4)        Propinsi : diisi/dipilih sesuai dengan nama propinsi Lembaga tersebut.
5)        Kab/Kota : diisi/dipilih sesuai dengan nama kabupaten atau kota lembaga.
6)        Telp. : diisi nomor telepon Lembaga tersebut.
7)        Email : diisi nama email Lembaga tersebut.
8)        Tanggal/Bulan/Tahun Berdiri : diisi berdasarkan tanggal, bulan dan tahun lembaga tersebut berdiri, cara pengisiannya dengan urutan tahun – bulan – hari.
9)        Status Kepemilikan Lembaga : diisi/dipilih status lembaga tersebut, apakah lembaga tersebut yayasan, lembaga pendidikan, perorangan, PT/CV/Firma atau dalam bentuk penanaman modal asing.
10)    Bentuk Lembaga:diisi/dipilih bentuk lembaga tersebut, apakah lembaga tunggal (tidak memiliki cabang), lembaga pusat (memiliki cabang), lembaga cabang, lembaga waralaba.
11)    Hasil Penilaian Kinerja Lembaga : diisi/dipilih sesuai dengan hasil penilaian kinerja lembaga minimal dari dinas kabupaten.
12)    Hasil Penilaian Kinerja Lembaga: Tahun diperoleh : Diisi Tahun diperolehnya hasil penilaian kinerja lembaga.
13)    Hasil Akreditasi Lembaga : diisi/dipilih sesuai dengan hasil akreditasi dari pusat.
14)    Hasil Akreditasi Lembaga : Sejak Tahun : Diisi Tahun diperolehnya hasil akreditasi lembaga.
15)    Klasifikasi Lembaga: diisi/dipilih sesuai dengan klasifikasi lembaga, apakah berstandar internasional, berstandar nasional pendidikan, berstandar pelayanan minimal atau rintisan.
16)    Status Bangunan yang digunakan : diisi/dipilih status bangunan yang digunakan apakah bangunan tersebut milik sendiri, kontrak/sewa atau yang lainnya.
17)    Pimpinan Lembaga : a. Nama Lengkap :diisi nama lengkap pimpinan lembaga.
18)    Pimpinan Lembaga : b. NUPTK Pengelola : diisi nomor NUPTK pimpinan lembaga.
19)    Pimpinan Lembaga : c. Tempat dan Tgl Lahir : diisi tempat dan tanggal lahir pimpinan lembaga.
20)    Pimpinan Lembaga : d. Jenis Kelamin : dipilih jenis kelamin pimpinan lembaga.
21)    Pimpinan Lembaga : e. Pendidikan/Ijazah terakhir : diisi/dipilih pendidikan terakhir sesuai dengan ijazah yang diterima terakhir oleh pimpinan lembaga.
22)    Pimpinan Lembaga : f. Sertifikat Pelatihan : diisi/dipilih sesuai dengan sertifikat yang dimiliki pimpinan lembaga
23)    Pimpinan Lembaga : g. Nomor Handphone : diisi nomor handphone pribadi pimpinan lembaga.
d.        Setelah semua diisi maka tekan tombol Simpan untuk menyimpan data identitas Lembaga dan anda akan diarahkan ke daftar profile lembaga (dir Kursus dan Pelatihan), Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data dan tetap di form entri data untuk menambahkan data baru dan tombol batal untuk membatalkan pengisian.
e.         Tombol simpan diklik dan diarahkan ke daftar profile lembaga maka data indentitas Identitas Lembaga diklik untuk segera diisi Daftar Program, Daftar Pendidik, Daftar Sarana dan Prasarana, Daftar Kerjasama Kemitraan seperti pada gambar dibawah ini :
f.         Setelah identitas lembaga yang telah disimpan diklik maka akan terlihat sub menu (Program, Pendidik, Sarana Prasarana, Kerjasama) seperti gambar dibawah ini :
g.       Untuk mengisi Program-program yang dimiliki lembagamaka pada sub menu Programdiklik kemudian tombol TAMBAH DATA BARUdiklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



h.      Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik maka nama program kursus yang diselenggarakan diisi,Izin penyelenggaraan program kursus diklik begitu juga dengan hasil akreditasi program dipilih, dll. Setelah semua telah terisi maka tombol simpandiklik dan data pengelola otomatis tersimpan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data,  tetap di form entri data sehingga dapat langsung menambahkan data baru dan tombol batal untuk membatalkan pengisian.

i.        Untuk mengisi Daftar Pendidik maka pada sub menu Pendidik diklik kemudian tombol TAMBAH DATA BARU diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

j.        Setelah tombol TAMBAH DATA BARUdiklik maka akan muncul form isian identitas PTK PAUDNI.Apabila memiliki NIP dan NUPTK maka wajib mengisi kolom yang ada disebelah kanannya, jika tidak memiliki NIP dan NUPTK maka tidak perlu mengisi kolom sebelah kanan . Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik dan identitas PTK otomatis tersimpan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data,  tetap di form entri data sehingga dapat langsung menambahkan data baru dan tombol batal untuk membatalkan pengisian, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
k.      Untuk mengisi Sarana dan Prasarana yang dimiliki maka pada sub menu Sarana Prasarana diklik kemudian tombol TAMBAH DATA BARU diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
l.        Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik maka isian Nama sarana/prasarana pokok, Jumlah/Satuan dan keterangan diisi. Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data,  tetap di form entri data sehingga dapat langsung menambahkan data baru dan tombol batal untuk membatalkan pengisian, dapat dilihat pada gambar dibawah ini


m.    Untuk mengisi Kerjasama Kemitraan lembaga maka pada sub menu Kerjasama diklik kemudian tombol TAMBAH DATA BARU diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
n.      Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik maka Nama organisasi, jenis/bentuk kegiatan kerjasama dan keterangan diisi. Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik, Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data,  tetap di form entri data sehingga dapat langsung menambahkan data baru dan tombol batal untuk membatalkan pengisian, dapat dilihat pada gambar dibawah ini, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

2.2.3.      Lembaga Dikmas (PKBM)

a.    Pilih Menu Data Master à Lembaga àDikmas, maka akan muncul daftar profile lembaga yang sudah memasukan data profile lembaga user yang bersangkutan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.









b.    Klik tombol TAMBAH DATA BARU untuk menambahkan identitas lembaga yang terdapat pada kabupaten masing-masing. Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik maka muncul form seperti dibawah ini :
c.         Adapun penjelasan cara pengisian form diatas adalah sebagai berikut :

1)        No. Induk Lembaga (NILM) : diisi dengan nomor yang telah diberikan oleh direktorat Dikmas.
2)        Nama Lembaga : diisi dengan nama lembaga tersebut.
3)        Tanggal/Bulan/Tahun Berdiri : diisi berdasarkan tanggal, bulan dan tahun lembaga tersebut berdiri, cara pengisiannya dengan urutan tahun – bulan – hari.
4)        Alamat: Jalan: diisi sesuai dengan nama jalan Lembaga tersebut.
5)        Alamat : RT/RW : diisi semua dengan nomor RT/RW lembaga tersebut.
6)        Alamat : Propinsi : diisi/dipilih sesuai dengan nama propinsi Lembaga tersebut.
7)        Alamat: Kab/Kota : diisi/dipilih sesuai dengan nama kabupaten atau kota Lembaga tersebut.
8)        Alamat: Kecamatan : diisi/dipilih sesuai dengan nama kecamatan Lembaga tersebut.
9)        Alama : Desa/Kelurahan : diisi/dipilih sesuai dengan nama desa atau kelurahan Lembaga tersebut.
10)    Alamat: Telp. : diisi nomor telepon Lembaga yang bersangkutan.
11)    Alamat: URL/Website : diisi alamat URL/Website lembaga tersebut, jika mempunyai website dapat diisi, bila tidak mempunyai website maka anda tidak perlu mengisi.
12)    Alamat: Email : diisi nama email Lembaga tersebut.
13)    Penanggung Jawab : Diisi dengan nama penanggung jawab lembaga tersebut.
14)    Jenis Kelamin : Diisi/dipilih dengan jenis kelamin yang dimiliki oleh penanggung jawab lembaga.
15)    KTP :  diisi dengan nomor KTP penanggung jawab lembaga.
16)    Pendidikan Terakhir : diisi menurut pendidikan terakhir penanggung jawab lembaga sesuai dengan ijazah yang diterimanya.
17)    Kepemilikan : diisi/dipilih status lembaga tersebut, apakah lembaga tersebut Negeri, Yayasan/Organisasi Masyarakat, Perusahaan/Swasta/BUMN/BUMD, Lembaga/Organisasi Keagamaan, Perorangan.
18)    Tahun Berdiri :diisi tahun berdiri lembaga tersebut.
19)    Nama Notaris : diisi nama notaris yang membuat akte notaris lembaga tersebut
20)    No Aktenotaris : diisi no Akte notaris yang telah diberikan notaris.
21)    Tanggal : diisi tanggal yang tertera pada akte notaris.
22)    NPWP : diisi nomor NPWP notaris tersebut.
23)    Nomor Izin Operasional : diisi nomor izin operasional lembaga tersebut.
24)    Tanggal : diisi tanggal yang tertera pada nomor izin operasional
25)    Instansi Pemberi Ijin : diisi nama instansi yang memberi izin operasional.
26)    Klasifikasi Lembaga : diisi sesuai dengan klasifikasi lembaga, apakah lembaga tersebut Internasional, nasional, provinsi, kabupaten/kota.
27)    Wilayah Geografis : diisi sesuai dengan keadaan geografis lembaga tersebut apakah pedesaan, perkotaan, pesisir, pegunungan, dll.
28)    Status Akreditasi : diisi status lembaga tersebut, apakah belum terakreditasi atau sudah terakreditasi
29)    Jenis Program yang dilaksanakan : dipilih jenis program lembaga yang dilaksanakan. Boleh lebih dari satu.

d.        Setelah semua diisi maka tekan tombol Simpan untuk menyimpan data identitas Lembaga dan anda akan diarahkan ke daftar profile lembaga (dir Dikmas)dan Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data dan tetap di form entri data untuk menambahkan data baru.
e.         Tombol simpan diklik dan diarahkan ke daftar profile lembaga maka data indentitas Lembaga diklik untuk segera diisi pengelola, Peserta, Fasilitas dan Pendidik seperti pada gambar dibawah ini :
f.         Setelah identitas lembaga yang telah disimpan diklik maka akan terlihat sub menu (Pengelola, Peserta, Fasilitas dan pendidik) seperti gambar dibawah ini :

g.       Untuk mengisi Data Pengelola maka pada sub menu Pengelola diklik kemudian tombol tambah atau edit diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Setelah tombol tambah atau edit diklik maka isian pada kolom nama dan alamat diisi dan jenis kelamin diklik begitu juga dengan pelatihan pengelola lembaga Dikmas. Untuk jabatan tidak perlu diisi. Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik dan data pengelola otomatis tersimpan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data,  tetap di form entri data sehingga dapat langsung menambahkan data baru dan tombol batal untuk membatalkan pengisian, seperti gambar dibawah ini.
h.      Untuk mengisi Jumlah Peserta Didik maka pada sub menu Peserta diklik kemudian tombol TAMBAH DATA BARU diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
i.          Setelah tombol TAMBAH DATA BARU diklik maka isian pada kolom Jenis Programdipilih, Tahun saat ini diisi begitu juga dengan Jumlah peserta laki-laki dan perempuan diisi, dll.Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik dan data pengelola otomatis tersimpan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data,  tetap di form entri data sehingga dapat langsung menambahkan data baru dan tombol batal untuk membatalkan pengisian.
j.          Untuk mengisi Fasilitas yang dimiliki lembaga maka pada sub menu Fasilitas diklik kemudian tombol Tambah atau Edit diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.


k.        Setelah tombol tambah atau edit diklik maka isian pada kolom lahan/tanah dan bangunan diisi, rincian bangunan diisi semua, sarana pembelajaran diisi dan laboratorium yang dimiliki lembaga dipilih sesuai dengan yang dimiliki. Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik dan data pengelola otomatis tersimpan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data,  tetap di form entri data sehingga dapat langsung menambahkan data baru dan tombol batal untuk membatalkan pengisian.
l.          Untuk mengisi Daftar Pendidik maka pada sub menu Pendidik diklik kemudian tombol TAMBAH DATA BARU diklik, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
m.      Setelah tombol tambah atau edit diklik maka akan muncul form isian identitas PTK PAUDNI.Apabila memiliki NIP dan NUPTK maka wajib mengisi kolom yang ada disebelah kanannya, jika tidak memiliki NIP dan NUPTK maka tidak perlu mengisi kolom sebelah kanan, dll . Setelah semua telah terisi maka tombol simpan diklik dan identitas PTK otomatis tersimpan, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.Tombol Simpan & Tambah Baru untuk menyimpan data,  tetap di form entri data sehingga dapat langsung menambahkan data baru dan tombol batal untuk membatalkan pengisian, dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

3.      Rekapitulasi

3.1.   Rekapitulasi PAUD


Menu Rekapitulasi adalah hasil output dari data master yang di entri, baik data sasaran maupun data lembaga PAUD. Rekapitulasi pada direktorat PAUD terdiri dari 5 form yaitu data sasaran PAUD, lembaga penyelenggara program, penyelenggara dan pendidik, pendidik status NUPTK dan peserta didik.
a.         Untuk mengetahui hasil output dari data sasaran PAUD dapat mengklik Form 1 (data sasaran PAUD)setelah menu Rekapitulasi diklik terlebih dahulu, untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



b.         Setelah Form 1 (data sasaran PAUD) diklik akan muncul tabel pada gambar dibawah ini. Apabila ingin mengunduh data sasaran PAUD dapat mengklik Export to Excel.



c.         Untuk mengetahui hasil output dari data lembaga penyelenggara program dapat mengklik Form 2 (Lembaga Penyelenggara Program) setelah menu Rekapitulasi diklik terlebih dahulu, untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini




d.         Setelah Form 2 (Lembaga Penyelenggara Program)diklik akan muncul tabel pada gambar dibawah ini. Apabila ingin mengunduh data sasaran PAUD dapat mengklik Export to Excel.


Untuk form 3 (penyelenggara dan pendidik), form 4 (pendidik status NUPTK) dan form 5 (Peserta Didik) sama seperti contoh diatas dan tidak ada perbedaan yang berarti.

3.2.   Rekapitulasi Kursus

Menu Rekapitulasi adalah hasil output dari data master yang di entri, baik data sasaran maupun data lembaga Kursus. Rekapitulasi pada direktorat Kursus dan Pelatihan terdiri dari 6 form yaitu data sasaran Kursus, penyelenggara berdasarkan perijinan, penyelenggara berdasarkan jenis kursus, penyelenggara dan pendidik, peserta didik, dan lulusan.
a.         Untuk mengetahui hasil output dari data sasaran kursus dapat mengklik Form 1 (Sasaran Kursus) setelah menu Rekapitulasi diklik terlebih dahulu, untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
b.         Setelah Form 1 (Sasaran Kursus) diklik akan muncul tabel pada gambar dibawah ini. Apabila ingin mengunduh data sasaran Kursus dapat mengklik Export to Excel.





c.         Untuk mengetahui hasil output dari data penyelenggara berdasarkan perijinan dapat mengklik Form 2 (Penyelenggara Berdasarkan Periijinan) setelah menu Rekapitulasi diklik terlebih dahulu, untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini
d.         Setelah Form 2 (Penyelenggara Berdasarkan Periijinan)diklik akan muncul tabel pada gambar dibawah ini. Apabila ingin mengunduh data penyelenggara berdasarkan perijinan dapat mengklik Export to Excel.
Untuk form 3 (penyelenggara berdasarkan jenis kursus), form 4 (penyelenggara dan pendidik), form 5 (Peserta Didik), dan form 6 (lulusan) sama seperti contoh diatas dan tidak ada perbedaan yang berarti.

3.3.   Rekapitulasi Dikmas

Menu Rekapitulasi adalah hasil output dari data master yang di entri, baik data sasaran maupun data lembaga. Rekapitulasi pada direktorat Dikmas terdiri dari 5 form yaitu data sasaran pendidikan keaksaraan, lembaga penyelenggara, PKBM menurut klasifikasi lembaga, berdasarkan tingkat pendidikan, peserta didik.
a.         Untuk mengetahui hasil output dari data sasaran pendidikan keaksaraan dapat mengklik Form 1 (Sasaran Pendidikan Keaksaraan) setelah menu Rekapitulasi diklik terlebih dahulu, untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



b.         Setelah Form 1 (Sasaran Pendidikan Keaksaraan) diklik akan muncul tabel pada gambar dibawah ini. Apabila ingin mengunduh data sasaran pendidikan keaksaraan dapat mengklik Export to Excel.


c.         Untuk mengetahui hasil output dari data lembaga penyelenggara dapat mengklik Form 2A (Lembaga Penyelenggara) setelah menu Rekapitulasi diklik terlebih dahulu, untuk lebih jelas dapat dilihat pada gambar dibawah ini

d.         Setelah Form 2A (Lembaga Penyelenggara )diklik akan muncul tabel pada gambar dibawah ini. Apabila ingin mengunduh data lembaga penyelenggara dapat mengklik Export to Excel.

Untuk form 2B (PKBM Menurut Klasifikasi Lembaga), form 3 (Berdasarkan tingkat pendidikan) dan form 4 (Peserta Didik) sama seperti contoh diatas dan tidak ada perbedaan yang berarti.

4.      Logout

Fungsi logout yaitu untuk keluar dari aplikasi. Namun secara otomatis aplikasi akan logout sendiri apabila aplikasi tersebut idle (tidak dipakai) selama 2 jam dan akan muncul formlogin kembaga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar